ALAT PEMODELAN PROSES BISNIS



           Pemodelan proses menggambarkan alur dari aktivitas bisnis dari sebuah perusahaan. Tujuan dari pemodelan ini adalah membantu pihak-pihak yang terlibat dalam proses tersebut, mengerti dan memahami setiap langkah dari proses tersebut, sehingga perusahaan dapat mencapai keuntungan yang maksimal dari pemodelan proses.
                              Dalam menggambarkan model proses bisnis dikenal sebuah metode atau tool yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam menggambarkan proses-prosesnya. Metode itu disebut dengan Business Process Model and Notation atau yang dikenal dengan BPMN. BPMN adalah standar untuk pemodelan proses bisnis yang menyediakan notasi grafis untuk menentukan proses bisnis dalam Proses Bisnis Diagram, didasarkan pada teknik flowchart sangat mirip dengan diagram aktivitas dari Unified Modeling Language (UML). Tujuan dari BPMN adalah untuk mendukung manajemen proses bisnis, baik untuk pengguna teknis dan pengguna bisnis, dengan menyediakan notasi yang intuitif untuk pengguna bisnis, namun dapat mewakili proses yang kompleks. Berikut beberapa contoh alat untuk pemodelan proses bisnis.



1.    Microsoft Visio


Microsoft Visio merupakan sebuah software tool yang dapat digunakan untuk membuat beragam dokumentasi mengenai analisa proses bisnis, jadwal proyek, berbagai diagram-diagram bisnis  dan lain-lain karena di dalam tool tersebut telah disiapkan beragam template, bentuk dan fasilitas-fasilitas tambahan untuk menggambar untuk menghasilkan diagram-diagram teknis dan bisnis yang efektif.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Visio
    Kelebihan dari micrsoft visio diantara lainya adalah
1.  Tools-tools nya sangat mudah dipahami
2.  Cara penggunaannya yang mudah
3.  Lebih banyak pilihan gambarnya
   Kekurangan dalam Microsoft Visio:
1.  Instalasi yang rumit
2.  Sedikitnya tutorial visio
3.  Software tidak gratis

2.    Visual Paradigm

Visual Paradigm merupakan suatu software model dengan system visualisasi yang digunakan untuk membuat desain UML, Memungkinkan model yang telah dibuat dapat digunakan sebagai representasi proyek-proyek lain dilengkapi dengan beberapa fitur yang ada didalmnya sampai pada menganalisa sebuah proyek yang akan dikerjakan. Diagram dapat disusun sedemikian rupa sehingga dapat dipustakakan menjadi proyek per proyek yang saling berkaitan. Hal ini dapat juga membantu memisahkan terhadap pekerjaan proyek sampai level terkecil. Proses pembuatan design UML ini akan sangat membantu dalam proses pengembangan perangkat lunak. Visual Paradigm mendukung bahasa pemodelan standar seperti Unified Modeling Language (UML) , SysML , BPMN , XMI , dll.
Visual Paradigm dapat berjalan pada Eclipse / NetBeans / Visual Studio. Hal ini memungkinkan untuk melakukan desain perangkat lunak dan implementasi dalam environment sesuai dengan kebutuhan kita.
Kelebihan dan Kekurangan Visual Paradigm

Kelebihan Visual Paradigm :
1.      Cross-platform Windows, Linux, Mac OS.
2.       Mudah dalam penggunaan. Pada saat pembuatan project baru, sudah terpampang tools serta macam-macam diagram UML.
3.      Adanya feature reverse engineering
4.      Interoperability. Hasil project dari software UML lain dapat dibuka di Visual Paradigm.
5.      Adanya error checker. Apabila diagram belum sesuai standar UML, Visual Paradigm akan langsung membut garis merah pada diagram.
Kekurangan Visual Paradigm :
1.      aplikasi ini tidak dapat men-generate code dari pemodelan yang telah kita buat (versi Community Edition). Kita mesti membayar aplikasi ini menjadi versi professional untuk dapat menggunakan fitur tersebut.



3. Enterprise Architect


sebuah platform visualisasi untuk merancang dan membangun sebuah sistem perangkat lunak, untuk pemodelan proses bisnis, dan untuk lebih umumnya digunakan tujuan pemodelan. Enterprise Architect adalah sebuah alat yang sangat maju yang mencakup seluruh aspek dari mulai siklus pengembangan, memberikan penelusuran secara mendetail atau penuh dari mulai awal tahap mendesain sampai mengontrol perkembangan, pemeliharaan, pengujian dan perubahan kontrol.Dimana tools Enterprise Architect dikembangkan oleh Sparx Systems sebuah perusahaan Australia dengan inovasi dan pengembangan dalam pemodelan UML. Sparx System adalah anggota dari Object Management Group(OMG). Unified Modeling Language (UML) adalah  sebuah bahasa grafis untuk memvisualisasikan, menentukan, membangun, dan mendokumentasikan bentuk  sebuah sistem perangkat lunak. 
Kelebihan Dan Kekurangan Enterprise Architect

Kelebihan Enterprise Architect
1. memastikan pengguna untuk dapat memvisualisasikan, menentukan, membangun, dan mendokumentasikan bentuk  sebuah sistem bisnis. 
2. mencakup semua aspek mulai dari siklus pengembangan, memberikan penelusuran secara mendetail atau penuh dari mulai awal tahap mendesain sampai mengontrol perkembangan, pemeliharaan, pengujian dan perubahan kontrol
3. Mendukung pembuatan keputusan
4. Mengatur IT portfolio
5. Menyampaikan blueprint untuk perubahan/migrasi
6. Mendukung system development
8. Membantu mengatur kompleksitas
9.  Menyampaikan insight dan overview atas bisnis dan IT
10. Mendukung (out/in) sourcing
11. Membantu mempengaruhi merger dan akuisisi

Kekurangan:
1. diproses untuk pemerintahan yang besar
2. memisahkan perhatian terhadap teknologi yang selaras dengan business development dan strateginya.



4. Bizagi Process Modeler

merupakan software suite dengan dua gabungan produk komplementer yaitu proses modeler dan suite BPMN. Proses modeler atau aplikasi yang digunakan untuk diagram, document dan mensimulasikan proses dengan menggunakan BPMN (business Process Modeling Notation), sedangkan BPM seendiri adalah business process modeling notation dan solusi workflow yang memungkinkan sebuah organisasi untuk mengotomotifkan proses maupun alur kerja.

Kelebihan dan kekurangan Bizagi Process Modeler

Kelebihan:
1. dapat digunakan untuk mengotomatisasi proses yang kompleks.
Kekurangan:
1. PC/Laptop harus terkoneksi dengan internet,karena dalam proses instalasinya terdapat SQL server yang harus terinstal otomatis apabila terkoneksi dengan internet.



5. ARIS Express

          ARIS Express merupakan prangkat lunak pemodelan untuk menganalisis memanejemen proses bisnis. Aplikasi in mendukung notasi pemodelan yang berbeda seperti BPMN 2, Event Process Process Chains (EPC), bagan organisasi, lanskap proses, papan tulis, dll. ARIS Express awalnya dikembangkan oleh IDS Scheer, yang dibeli oleh Software AG pada bulan Desember 2010. Alat ini disediakan sebagai freeware pada halaman web ARIS Community.
Kelebihan Dan Kekurangan ARIS Express

Kelebihan:
1. Pengguna dapat membuat diagram yang berisi jumlah objek pemodelan yang tidak terbatas.
2. ARIS Express menyediakan beberapa fitur penting, yang tidak dapat ditemukan pada aplikasi pemodelan yang lain.
3. ARIS Express dapat mengekspor diagram ke format yang berbeda seperti: PDF, JPEG, PNG, EMF, ADF
Kekurangan:
1. ARIS Express tidak menggunakan database pusat untuk penyimpanan model. Sebagai gantinya, setiap diagram disimpan dalam file ADF.
2. ARIS Express membutuhkan Java 1.6.10 atau lebih
3. Pada startup pertama, pengguna harus memasukkan akun ARIS Community yang valid untuk mendaftarkan aplikasi
4. ARIS Express secara resmi hanya didukung di Microsoft Windows.

6. Altova
Altova UModel adalah alat UML yang membuat perancangan perangkat lunak visual praktis untuk proyek bisnis maupun lainnya. Visual merancang model aplikasi di UML dan menghasilkan kode Java, C #, atau Visual Basic.NET dan dokumentasi proyek. Altova daat mengubah program teknis ke dalam bentuk diagram UML.
Kelebihan Dan Kekurangan Altova
Kelebihan :
1. dapat digunakan untuk mewakili proses yang kompleks.
2. Mendukung BPMN 1.0 dan BPMN 2.0
3. Diagram dan elemen BPMN termasuk dalam dokumentasi proyek otomatis
4. Elemen dapat ditugaskan ke lapisan diagram dan dilihat atau disembunyikan secara selektif
Kekurangan:
1. kita harus membeli beberapa fitur yang tersedia, serta untuk altova versi profesianaltidaklah gratis.
           

7. Activiti

            Activiti adalah Business Process Management yang telah teruji. Organisasi di seluruh dunia bergantung pada platform open source dalam berbagai situasi yang menuntut. Ini mendukung standar terbuka dengan BPMN dan DMN sehingga kita dapat membuat proses yang sesuai dengan yang kita inginkan,

Kelebihan Dan Kekurangan Activiti

Kelebihan:
1. kita akan mendapatkan fitur business intelligence dan audit log secara gratis
2. lebih mudah mengelola sistem eksternal dan timer
3. Activiti memastikan bahwa kita dapat dengan mudah menautkan java atau scripting untuk pekerjaan yang lebih baik dilakukan dalam bahasa lain.

Kelemahan:
1. pengguna harus memasukkan akun Activiti Community yang valid untuk mendaftarkan aplikasi





Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL IP ADDRESS

CARA MENGHITUNG SUBNETTING IP ADDRESS MENGGUNAKAN CIDR