BUSINESS MODEL CANVAS
OF nulisbuku.com
Nulisbuku.com merupakan website plasform yang
memungkinkan siapa saja bisa menerbitkan buku dengan mudah, gratis dan cepat. Nulisbuku.com adalah sebagai media
digital dimana orang-orang bisa mengupload karyanya dan jika ada pembaca yang
akan membeli pihak dari nulisbuku.com
akan mencetak dan mengirim buku yang telah dipesan. Penulis bisa mengakses
website nulisbuku.com dan
mengupload karyanya, selain itu penulis
juga bisa menentukan harga jual buku yang telah diterbitkan.
Business Model Canvas adalah model bisnis yang terdiri dari 9
area aktivitas bisnis yang bertujuan untuk memetakan strategi membangun bisnis
yang kuat, dapata memenangkan persaingan dan sukses dalam jangka panjang.
Keuntungan Bisnis Model Canvas
1.
bisa dipakai untuk semua jenis model bisnis, traveling, restoran, hotel,
perkebunan, dan lain sebagainya.
2. mempercepat
mengetahui keseluruhan kekuatan dan kekurangan bisnis.
3. memetakan
bisnis untuk mengetahui kelemahan semenjak dini dan memahami kekuatan bisnis
dari sudut pandang yang benar.
4. pemetaan
bisnis model kanvas menggambarkan secara sistematis bisnis yang kemudian dapat
digunakan untuk pemngambilan keputusan pengembangan manajemen strategis bisnis.
9 area aktivitas bisnis dalam nulisbuku.com
11.
Key
Patners
Key
Patners adalah pihak pihak
yang bisa bekerjasama dengan
perusahaan yang bersangkutan.
key Patners dari nulisbuku.com
:
1. Penulis
2. Website
promotion
22.
Customers
Segment
Adalah
pengidentifikasi pelanggan mana yang
akan dilayani bedasarakan kebutuhan dan atribut yang berbeda untuk memastikan
penerapan strategi perusahaan sesuai dengan karakteristik kelompok klien .
yang
dipilih
Customer
segment nulisbuku.com:
1.
Penulis kalangan muda hingga tua
Didalam
Nulisbuku.com memungkinkan siapa saja
untuk berkarya. Dari kalangan muda hingga tua, bahkan penemu webiste
nulisbuku.com sendiri menginginkan kalangan ibu-ibu menuangkan ide-ide
kreativenya di nulisbuku.com sendiri.
2.
Pecinta buku
Nulisbuku.com
diciptakan untuk mempermudah siapapun berkaya dengan cepat, mudah dan gratis. Disini,
pecinta buku tidak hanya bisa membaca saja, tapi juga bisa mempublikasikan
karyanya.
3.
Pembisnis muda
Nulisbuku.com juga membidik para
pembisinis muda, karena selain bekerja di bidang bisnis, biasanya mereka juga
bisa menuangkan tips untuk menjadi pebisnis yang sukses.
33.
Key activities
Key
activities adalah kegiatan-kegiatan utama apa saja yang perlu
dilakukan oleh nulisbuku.com agar dapat memberikan nilai tambah dengan baik. Setiap model bisnis
memiliki aktivitas-aktivitas utama.
Key
Activities Dalam Bisnis nulisbuku.com
1.
Jasa
- jasa pelayanan
mandiri (online self publishing, print on demand)
2. Marketing
- Menyediakan toko online sebagai tempat
untuk menjual karya buku yang telah
diterbitkan
3. Shared
- membagikan atau mempublikasikan karya penulis kepada para pembaca
44.
Costomers
relationship
yaitu adalah cara suatu organisasi menjalin
ikatan dengan pelanggannya, baik pelayanan yang baik kepada pelanggan sampai
sarana dan prasarana yang nyaman menjadi bentuk hubungan yang baik antara
pelanggan dan perusahaan.
Contoh
costumers relationship nulisbuku.com:
nulisbuku.com tidak hanya menjalin hubungan baik dengan costumers nya
namun juga dengan para penulis penulis bukunya. Untuk costumer nulisbuku.com
menyediakan layanan ”how to shop” untuk mengetahui cara untuk belanja buku
bagus di nulisbuku.com, sedangkan untuk para penulisnya yaitu “how to self
publish” untuk mempublikasikan karya yang telah mereka tuliskan.
55.
Key Resources
Key resources adalah masukan utama yang digunakan
setiap perusahaan untuk menciptakan nilai proposinya, melayani segmen pelanggan
dan mengantarkan produk ke pelanggan.
Key resources yang di terapkan nulisbuku.com :
1.
Karya
penulis
2.
Free
Templates
3.
Free
Register
4.
Pembaca/pembeli
5.
Pencetakan
buku
6. cost
structure
cost structure adalah biaya-biaya yang dikeluarkan dalam menjalankan
model bisnis tertentu. Pada waktu kita
mengembangkan produk, memasarkan produk, menjaga hubungan dengan pelanggan
maupun layanan purna jual tentu membutuhkan biaya. Biaya-biaya dapat dihitung
dengan mudah pada saat kita belajar mengenai Key Resources, Key Activities dan
Key Parnerships.
Cost Structure dari nulisbuku.com
adalah:
u Service>> meiputi jasa pelayanan mandiri(Contine
self, Publishing, Print on deman)
u Marketing R & D >> Menyediakan toko online, Mempublikasikan
karya penulis kepada para pembaca
u People cost
Berikut skema harga untuk sebuah buku:
Ongkos produksi) + (Fee untuk nulisbuku.com) + (Royalti penulis) =
(Harga Jual buku)
Keterangan:
- Ongkos produksi: tergantung oleh spesifikasi buku.
Royalti penulis : Fee
nulisbuku.com = besarnya 60:40, 60% untuk Royalti Penulis, 40% Fee nulisbuku
- Harga minimum buku Rp 33.000,00
Contoh:
Untuk naskah isi 200 halaman (Tidak termasuk sampul
buku), hitam-putih, kertas novel.Perhitungannya adalah:
* Price: 50000 <~ Harga yang Anda tetapkan sendiri
*
Base Price: 41000 <~ Harga Produksi
per buku untuk 200 halaman
*
Net Price: 9000 <~ Keuntungan yg
didapat per buku
* Nulisbuku Share: 3600 <~ Keuntungan yang dibagikan untuk
nulisbuku.com
* Your Raoyalti: 5400 <~ ROYALTI yang diterima oleh penulis dari
setiap buku yang terjual.
7. Channels
Channels
adalah sarana bagi suatu organisasi untuk menyampaikan Value proposition
(manfaat yang ditawarkan) kepada customers segment yang dilayani.
channels
nulisbuku.com :
Penjualan melalui melalui
website mereka sendiri dan bekerja sama dengan media
partner seperti Chip online id, Tekno kompas.com, DailySocial, Detik i net, The
Jakarta Post. Di
website tersebut juga terdapat cerita dari seorang penulis yang sukses di nulisbuku.com.
8. Revenue
Stream
Revenue stream dalam BMC
akan kita isi dengan berbagai cara untuk menghasilkan keuntungan dari value
proposition kita.
Revenue Streams dalam nulisbuku.com:
- karya penulis => setiap karya yang diterbitkan akan dijual oleh
penulis itu sendiri. Penulis bisa menentukan harga dari buku yang ia terbitkan
dan juga melebihi biaya produksi. nulisbuku.com akan mengambil
keuntungan dari biaya produksi buku yang dipesan oleh pembaca.
9. Value
proposition
adalah alasan mengapa pelanggan
memilih kita dibandingkan yang lain, bisa di sebut juga sebuah keunggulan.
Keunggulan yang dimiliki oleh nulisbuku.com
:
- Penulis
amatir bisa langsung menerbitkan/mengupload bukunya di nulibuku.com
- Waktu
penerbitan cepat
- menyediakan
semacam marketplace, atau toko buku online dimana
penulis bisa menjual dan mempromosikan buku mereka di sana
- Nulisbuku.com menyediakan layanan mereka yang one
stop place, mulai dari cetak lalu marketplace dan
layanan pre-publishing dan marketing.
"menulislah, maka kau akan hidup selamanya"
Komentar
Posting Komentar