BUSINESS MODEL CANVAS OF nulisbuku.com


Nulisbuku.com merupakan website plasform yang memungkinkan siapa saja bisa menerbitkan buku dengan mudah, gratis dan cepat. Nulisbuku.com adalah sebagai media digital dimana orang-orang bisa mengupload karyanya dan jika ada pembaca yang akan membeli pihak dari nulisbuku.com akan mencetak dan mengirim buku yang telah dipesan. Penulis bisa mengakses website nulisbuku.com dan mengupload  karyanya, selain itu penulis juga bisa menentukan harga jual buku yang telah diterbitkan.




                Business Model Canvas  adalah model bisnis yang terdiri dari 9 area aktivitas bisnis yang bertujuan untuk memetakan strategi membangun bisnis yang kuat, dapata memenangkan persaingan dan sukses dalam jangka panjang.
                Keuntungan Bisnis Model Canvas
                1. bisa dipakai untuk semua jenis model bisnis, traveling, restoran, hotel, perkebunan, dan         lain sebagainya.
2. mempercepat mengetahui keseluruhan kekuatan dan kekurangan bisnis.
3. memetakan bisnis untuk mengetahui kelemahan  semenjak dini dan memahami kekuatan bisnis dari sudut pandang yang benar.
4. pemetaan bisnis model kanvas menggambarkan secara sistematis bisnis yang kemudian dapat digunakan untuk pemngambilan keputusan pengembangan manajemen strategis bisnis.

9 area aktivitas bisnis dalam nulisbuku.com
11.      Key Patners
Key Patners adalah pihak  pihak yang bisa bekerjasama  dengan perusahaan yang bersangkutan.
key Patners dari nulisbuku.com :
1.      Penulis
2.      Website promotion

22.      Customers Segment
Adalah pengidentifikasi pelanggan mana  yang akan dilayani bedasarakan kebutuhan dan atribut yang berbeda untuk memastikan penerapan strategi perusahaan sesuai dengan karakteristik kelompok klien .
yang dipilih
Customer segment nulisbuku.com:
1.      Penulis kalangan muda hingga tua
Didalam Nulisbuku.com memungkinkan siapa saja untuk berkarya. Dari kalangan muda hingga tua, bahkan penemu webiste nulisbuku.com sendiri menginginkan kalangan ibu-ibu menuangkan ide-ide kreativenya di nulisbuku.com sendiri.
2.      Pecinta buku
Nulisbuku.com diciptakan untuk mempermudah siapapun berkaya dengan cepat, mudah dan gratis. Disini, pecinta buku tidak hanya bisa membaca saja, tapi juga bisa mempublikasikan karyanya.
3.      Pembisnis muda
Nulisbuku.com juga membidik para pembisinis muda, karena selain bekerja di bidang bisnis, biasanya mereka juga bisa menuangkan tips untuk menjadi pebisnis yang sukses.

33.       Key activities
Key activities adalah kegiatan-kegiatan utama apa saja yang perlu dilakukan oleh nulisbuku.com agar dapat memberikan nilai tambah dengan baik. Setiap model bisnis memiliki aktivitas-aktivitas utama.
Key Activities Dalam Bisnis nulisbuku.com
1.       Jasa
- jasa pelayanan mandiri (online self publishing, print on demand)
2. Marketing
- Menyediakan toko online sebagai tempat untuk menjual karya buku yang telah diterbitkan
3. Shared
- membagikan atau mempublikasikan karya penulis kepada para pembaca

44.      Costomers relationship
 yaitu adalah cara suatu organisasi menjalin ikatan dengan pelanggannya, baik pelayanan yang baik kepada pelanggan sampai sarana dan prasarana yang nyaman menjadi bentuk hubungan yang baik antara pelanggan dan perusahaan.
Contoh costumers relationship nulisbuku.com:
nulisbuku.com tidak hanya menjalin hubungan baik dengan costumers nya namun juga dengan para penulis penulis bukunya. Untuk costumer nulisbuku.com menyediakan layanan ”how to shop” untuk mengetahui cara untuk belanja buku bagus di nulisbuku.com, sedangkan untuk para penulisnya yaitu “how to self publish” untuk mempublikasikan karya yang telah mereka tuliskan.

55.      Key Resources
Key resources adalah masukan utama yang digunakan setiap perusahaan untuk menciptakan nilai proposinya, melayani segmen pelanggan dan mengantarkan produk ke pelanggan.
Key resources yang di terapkan nulisbuku.com :
1.      Karya penulis
2.      Free Templates
3.      Free Register
4.      Pembaca/pembeli
5.      Pencetakan buku


6. cost structure
                        cost structure adalah biaya-biaya yang dikeluarkan dalam menjalankan model bisnis tertentu.  Pada waktu kita mengembangkan produk, memasarkan produk, menjaga hubungan dengan pelanggan maupun layanan purna jual tentu membutuhkan biaya. Biaya-biaya dapat dihitung dengan mudah pada saat kita belajar mengenai Key Resources, Key Activities dan Key Parnerships.
            Cost Structure dari nulisbuku.com adalah:
u  Service>> meiputi  jasa pelayanan mandiri(Contine self, Publishing,  Print on deman)
u  Marketing R & D >>  Menyediakan toko online, Mempublikasikan karya  penulis kepada para pembaca
u  People cost
Berikut skema harga untuk sebuah buku:
Ongkos produksi) + (Fee untuk nulisbuku.com) + (Royalti penulis) = (Harga Jual buku)
Keterangan:
- Ongkos produksi: tergantung oleh spesifikasi buku.
 Royalti penulis : Fee nulisbuku.com = besarnya 60:40, 60% untuk Royalti Penulis, 40% Fee nulisbuku
- Harga minimum buku Rp 33.000,00
Contoh:
Untuk naskah isi 200 halaman (Tidak termasuk sampul buku), hitam-putih, kertas novel.Perhitungannya adalah:
 * Price: 50000 <~ Harga yang Anda tetapkan sendiri
 * Base Price: 41000 <~ Harga Produksi per buku untuk 200 halaman
 * Net Price: 9000 <~ Keuntungan yg didapat per buku
 * Nulisbuku Share: 3600 <~ Keuntungan yang dibagikan untuk nulisbuku.com
 * Your Raoyalti: 5400 <~ ROYALTI yang diterima oleh penulis dari setiap buku yang terjual.

7. Channels
            Channels adalah sarana bagi suatu organisasi untuk menyampaikan Value proposition (manfaat yang ditawarkan) kepada customers segment yang dilayani.
            channels nulisbuku.com :
Penjualan melalui melalui website mereka sendiri dan bekerja sama dengan media partner seperti Chip online id, Tekno kompas.com, DailySocial, Detik i net, The Jakarta Post. Di website tersebut juga terdapat cerita dari seorang penulis yang sukses di nulisbuku.com.

8. Revenue Stream
            Revenue stream dalam BMC akan kita isi dengan berbagai cara untuk menghasilkan keuntungan dari value proposition kita.  
Revenue Streams dalam nulisbuku.com:
            - karya penulis => setiap karya yang diterbitkan akan dijual oleh penulis itu sendiri. Penulis bisa menentukan harga dari buku yang ia terbitkan dan juga melebihi biaya produksi. nulisbuku.com akan mengambil keuntungan dari biaya produksi buku yang dipesan oleh pembaca.

9. Value proposition
adalah alasan mengapa pelanggan memilih kita dibandingkan yang lain, bisa di sebut juga sebuah keunggulan.
Keunggulan yang dimiliki oleh nulisbuku.com :
  1. Penulis amatir bisa langsung menerbitkan/mengupload bukunya di nulibuku.com
  2. Waktu penerbitan cepat
  3. menyediakan semacam marketplace, atau toko buku online dimana penulis bisa menjual dan mempromosikan buku mereka di sana
  4. Nulisbuku.com  menyediakan layanan mereka yang one stop place, mulai dari cetak lalu marketplace dan layanan pre-publishing dan marketing.



"menulislah, maka kau akan hidup selamanya"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALAT PEMODELAN PROSES BISNIS

MENGENAL IP ADDRESS

CARA MENGHITUNG SUBNETTING IP ADDRESS MENGGUNAKAN CIDR