PENERAPAN TIK DI MADURA

Istilah teknologi informasi mulai populer di akhir tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer atau pengolahan data elektronis (electronic data processing). Teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi, dan elektronik digital.

Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Di Madura sendiri,
Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sector kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan –perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, trasportasi, kesehatan dan penelitian. Oleh karena itu sangatlah penting peningkatan kemampuan sumber daya manusia
A.      . Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi ebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.

B. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.

PENERAPAN TIK DI SAMPANG
Meluasnya media Teknologi dan Komunikasi yang sangat besar juga brdampak terhadap pelayanan publik yang ada di kota Sampang. Seperti halnya layanan wiifi (internet hotspot) yang tersdia di beberapa kantor pemerintahan kota Sampang dan beberapa tempat umum yang ada di kota Sampang.  Salah satu layanan wifi (intrnet hotspot) yang banyak digemari oleh masyarakat kota sampang khususnya remaja dan para pelajar yang ada di kota Sampang adalah  layanan wifi (internet hotspot) yang tersedia di Kantor Telkom Sampang (Plaza Telkom). salah satu alasan mengapa di tempat ini lebih banyak digemari layanan wifi (internet hotspot)-nya yaitu karena tempat ini tidak hanya memberikan layanan internet saja, tapi juga dilengkapi dengan tempat dudukyang nyaman dan teduh juga kabel charger apabila dibutuhkan. 





Dari situlah kita mengethui bahwa Teknologi informasi dan komunikasi sangat berperan penting di kalangan masyarakat daerah kepulauan Madura. Bukan hanya itu saja, di waktu dekat ini Madura akan membuat terobosan baru di bidang Teknologi Informasi dan komunikasi, yakni “Sumenep Smart City” tentunya hal ini memiliki tujuan masing-masing dalam bidang Teknologi informasi dan komunikasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALAT PEMODELAN PROSES BISNIS

MENGENAL IP ADDRESS

CARA MENGHITUNG SUBNETTING IP ADDRESS MENGGUNAKAN CIDR